ciremaipostcom: berita dari wilayah kaki ciremai

Home

Acep Apresiasi Pembangunan Pendidikan Di Kab. Kuningan

E-mail Print PDF

Ciremaipost-Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH mengapresiasi pembangunan pendidikan di Kabupaten Kuningan. Dalam beberapa tahun ini pendidikan di Kabupaten Kuningan telah meraih banyak prestasi, seperti meluluskan siswa sekolah dalam Ujian Nasional 100 persen.

“Saya mengapresiasi pembangunan melalui pendidikan di Kabupaten Kuningan, sudah sesuai dengan rencana. Pertama lingkungan pendidikan menuju sekolah sehat ini sudah sama-sama kita rasakan. Kedua, kita telah memiliki Perda tentang pelestarian budaya sastra sunda. Sesuai dengan visi dan misi daerah, ingin menanamkan jati diri bahwa kita adalah daerah sunda,” kata Acep usai menghadiri acara perpisahan SMAN 1 Kadugede di GOR Ewangga (24/4).

Terkait dengan mutu pendidikan saya rasa kurikulum yang sudah jelas, terbukti kita bisa meluluskan siswa sekolah dalam Ujian Nasional pada beberapa tahun yang lalu da nada prestasi yang sangat luar biasa yaitu ada siswa yang memiliki nilai UN tertinggi se-Indonesia.

“Ini salah satu prestasi yang tidak main-main, terbukti yang bersangkutan mendapatkan penghargaan. Artinya prestasi tidak diukir dengan tiba-tiba tetapi dengan perencanaan yang baik sesuai dengan hasil yang dicapai,” ucapnya.

Menyikapi BOS pihaknya berkomitmen bahwa dalam Undang-Undang sebesar 20% dalam pendidikan. Kita di Kabupaten Kuningan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, apabila kita jumlahkan nominal-nominal ini dana APBN, dana provinsi yang tertera dalam APBD Kabupaten Kuningan saya yakin lebih dari 20 persen.

Pemerintah mencanangkan untuk SMA juga gratis, artinya akan diberi tunjangan oleb BOS. Ternyata untuk tahun 2014 belum, insya Allah pada tahun 2015 harus bisa, dan tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Saya berharap Disdikpora dan pihak sekolah untuk mampu merumuskan, saran, biaya pendidikan secara merata, demikian juga fasilitas khususnya dari kualitas, mutu dan program harus merata” terangnya.

Menurutnya sekolah yang berkualitas baik adalah sekolah yang memiliki standar pendidikan yang normative, jika di luar standar ini ada yang lebih menonjol itu boleh, tetapi itu jangan dimasukkan kepada sebuah kewajiban.

Pemerintah daerah dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait untuk melakukan perumusan. “Kita dalam waktu dekat akan rapat koordinasi dengan dinas-dinas terkait  untuk mencari rumusan-rumusan, sehingga akan ada standarisasi kelayakan dari sebuah perencanaan, baik yang mencakup aspek pembiayaan, kurikulum, dan direncanakan akan berjalan pada tahun 2015,” tutur Acep.

Terkait kepala sekolah yang telah diperdakan selama 4 tahun, kita sedang dalam pembenahan, bahwa kepada sekolah dalam 4 tahun itu harus diganti.

“Sekarang di Kab. Kuningan bahkan masih ada dua kali empat tahun yang masih duduk di suatu sekolah. Pada tahun 2014 ini dalam kepemimpinan Bupati Utje, reformasi birokrasi akan melaksanakan suatu hal perubahan, untuk menata ulang kembali penempatan para pejabat structural maupun fungsional sesuan dengan UU ASN, bahwa paling minimal dua tahun pemerintah daerah tidak berubah-ubah, maka dari itu kami apabila kedepan ada rotasi, mutasi, kami akan merumuskannya secara baik.

Karena keputuan tersebut minimal harus berjalan selama dua tahun. Bupati ke depan tidak berjalan setiap tahun, minimal dua tahun.

“Kami berharap karya yang dilakukan oleh para pejabat baik structural maupun fungsional dari merencanakan sesuatu, melaksanakan sesuatu dan harus berani mempertanggungjawabjan sesuatu. Jangan sampai si A merencanakan, si B melaksanakan, si C mempertanggungjawabkan, itu yang kurang bagus,” tandasnya. (L. Hakim)

Share

 

Facebook Comments ()


 

Comments  

 
0 #1 Mildred 2014-11-14 15:38
I'm really enjoying the design and layout of your site.

It's a very easy on the eyes which makes it much more pleasant for me to
come here and visit more often. Did you hire out a developer to create your theme?

Exceptional work!

My website ... free singing lessons: http://www.acalltohumanity.com/
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh