ciremaipostcom: berita dari wilayah kaki ciremai

Home Hukum Poljakdilhakiman Batu Akik Kuningan Semakin Terkenal

Batu Akik Kuningan Semakin Terkenal

E-mail Print PDF

Ciremaipost-Fenomena batu akik hingga saat ini masih menjadi perbincangan, baik kalangan dewasa, orang tua,  bahkan hingga anak kecil. Di Kabupaten Kuningan sendiri, batu akik masih tetap populer.

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang warga penjual batu akik yang masih dalam keadaan bongkahan, yakni Erik (57) warga kecamatan Ciwaru mengatakan, batu asal Kuningan memiliki ciri khusus, yaitu memiliki corak atau gambar.

“Kebanyakan kalau Kuningan itu batu akiknya bercorak, ya kebanyakan batu jenis pancawarna, berbeda dengan batu dari luar daerah yang berwarna polos,” katanya.

Ia juga menyebutkan, batu pancawarna asal Kuningan ini telah menjuarai kontes batu akik di Kota Bandung beberapa waktu lalu dengan mendapatkan juara ke 2. “Ya kemarin-kemarin juga ada yang ikut kontes di Bandung, dapat juara 2 untuk jenis batu kalimaya,” terang Erik yang juga Ketua RT di lingkungannya.

Erik mendapatkan bongkahan batu akik di dapat dari warga sekitar yang mencari disekitar bantaran sungai Cijambu. Ia menjual batu akik bongkahan dengan harga mulai dari lima ribu hingga 50 ribu, tergantung jenis dan ukurannya. Selain menjual batu jenis pancawarna juga ada kalimaya dan jenis ati ayam.

“Saya juga beli lagi dari warga seperti petani yang habis dari sawah, biasanya suka mencari batu di kali,” tuturnya.

Trend batu akik tidka hanya sebatas untuk sekedar koleksi, perhiasan maupun pajangan, namun bisa menjadikan potensi usaha untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti yang dilakuknnya dengan menjual batu akik.

“Ya lumayan lah, jualan batu akik ini, karena batu Kuningan juga saat ini sudah terkenal ke luar daerah, bahkan dari Cirebon dan Jakarta sering ada yang datang kesini mencari batu akik Kuningan,” ujarnya.

Penggali atau pencari batu akik di sungai Cijambu, Enda mengatakan, menurutnya, batu akik Kuningan memang sangat bagus selain bermotif juga megandung pasir emas yang tampak berkilau-kilau, yang dikenal dengan jenis pancawarna pasir emas.

“Saya punya batu Kuningan jenis pancawana pasir emas, berkilau-kilau seperti emas, batu ini sangat bagus,” kata Enda sambil menunjukkan batu akik pancawarna pasir emas.

Salah seorang warga dari Kecamatan Lebakwangi yakni Roni, yang sengaja menyempatkan diri untuk membeli batu akik di Ciwaru. Penggemar batu akik ini, lebih senang dengan batu Kuningan karena memiliki motif yang unik.

“Saya senang mencari batu akik yang bermotif, seperti motif gambar  orang, binatang atau pemandangan,” ucapnya. (l.hakim)

Share

 

Facebook Comments ()


 

Add comment


Security code
Refresh