ciremaipost.com

Desa Ciporang Kecamatan Maleber Bangun Senderan Irigasi

Surel Cetak PDF

Pembangunan senderan irigasi Desa Ciporang Kecamatan MaleberCiremaipost-Sarana irigasi sangat diperlukan untuk pengairan yang baik guna meningkatkan produksi pertanian, untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemerintah Desa Ciporang Kecamatan Maleber bersama masyarakatnya tengah giat membangun senderan irigasi.

Menurut keterangan Kepala Desa Ciporang, Heri Hernawan yang ditemui di lokasi kegiatan pada Rabu (26/6), senderan irigasi yang dibangun itu berlokasi di Blok Dahu II Desa Ciporang dengan volume 150 cm x 60 cm x 30 cm. Kondisi semula saluran air berupa parit yang sering mengalami kebocoran dan berakibat tidak lancarnya pendistribusian air ke lahan partanian warga.

Dikatakan Heri, pembangunan senderan irigasi tersebut menghabiskan dana sebesar Rp. 186 juta yang bersumber dari Pemkab Kuningan melalui Dinas SDAP.

Lebih jauh Heri mengungkapkan, senderan yang dibangun tersebut dapat mengairi sawah seluas 5 hektar. Pihaknya berharap setelah pembangunan irigasi rampung, masyarakat petani dapat lebih leluasa menggunakan air serta pembagiannya bisa merata, sehingga tidak terjadi saling berebut air terutama saat musim kemarau. (mckuningan/wawan setiawan/h.ding s.arizona)

Share

 

Facebook Comments ()


 

Add comment


Security code
Refresh

Polling Geothermal

Polling Geothermal
 

Apakah yang anda cari di Ciremai Post..?